Olahraga Untuk Kesehatan

Senin, 24 Januari 2011 Posted by Kangmas Prabu Ian

Menjadi orang yang selalu sehat memang menjadi dambaan bagi setiap manusia. Makanya banyak orang yang mengkampanyekan untuk hidup sehat ini dengan berbagai cara. Ada yang dengan menyarankan untuk selalu makan makanan yang sehat, bersih dan bergizi atau ada juga yang menyarankan kita untuk selalu minum suplemen dan vitamin dan masih banyak lagi.

Ada satu lagi nih yang ingin saya kampanyekan untuk hidup sehat ini. Yaitu hidup sehat dengan berolahraga. Walau saya juga sebenernya gak gitu suka olahraga hehe

Aneh ya? Orang gak suka olahraga tapi mengkampanyekan untuk berolahraga. Ya sebenarnya karena saya tahu manfaat dari olahraga itu bisa bikin tubuh kita sehat, karena malas berolahraga aja jadinya saya gak gitu olahraga hehe. Males koq dipiara? :D

Memang sih awal ceritanya ya karena dulu pas pelajaran olahraga di sekolah, kenapa koq guru nya galak  terus. Saya jadinya ilang feeling untuk seneng berolahraga. Ya wajar aja, olahraga kan banyak macam dan cabangnya. Ada sih yang paling saya suka dulu, yaitu olahraga sepeda, jalan santai, dan tenis meja. Emm..jalan santai termasuk cabang olahraga gak yah? Bukannya itu cuma untuk lomba having fun aja terus pemenangnya diundi ya? :D
 Nah tapi setelah difikir-fikir, apakah kita harus menyenangi semua cabang olahraga ya supaya kita sehat? Kayanya sih enggak juga. Kalau menurut saya, olah raga itu ya semacam aktivitas menggerakan badan gitu supaya badan kita sehat. Apa aja sih gak harus dengan cabang olahraga yang dipatenkan dan sering dilombakan. Misalnya setiap pagi kita lari keliling komplek, atau naik sepeda ke sekolah / kantor (bike to work) itu juga sudah termasuk kedalam olahraga. Kan olahraga itu gak harus di tempat fitness atau gym, kan sayang aja gitu mahal. Walau lebih enak sih, kan ada instrukturnya.

Tapi kalau seandainya kita gak bisa olahraga di tempat fitness atau gym, ya kita olahraga yang murah meriah aja lah. Jogging, Main bulu tangkis, Tenis meja, atau kalau mau bareng temen-temen ya kita main sepak bola, futsal atau basket. Kan banyak tuh lapangan yang bisa kita pake, yang penting bisa ngeluarin keringat.

Nah setelah kita memilih jenis olahraga apa yang kita sukai, maka setelah itu kita lakukan secara rutin. Memang bagusnya sih terjadwal, tapi kalau memang kita lagi sibuk kita bisa mengaturnya dengan jarak beberapa hari sekali. Itu hanya untuk menjaga agar tubuh kita gak cepat sakit dikarenakan rutinitas kita yang mungkin sering duduk terlalu lama di depan komputer atau yang lainnya. Jadi kita bisa rileks sejenak dengan berolahraga santai, sambil cuci mata gituh hehe.

Kalau bicara manfaat sih menurut saya banyak banget deh. Intinya sih kita membicarakan kemauan kita dulu untuk rajin berolahraga. Kalau kitanya sudah rajin dan rutin baru deh manfaat itu akan kita rasakan. 
Saya juga pengennya mulai saat ini ingin bisa hidup sehat. Makanya mau rajin berolahraga ah biar fit terus.. apalagi kan sekarang sudah punya istri. Harus terus jaga stamina hahaha..


Tulisan ini saya ikut sertakan dalam Kontes Aku Ingin Sehat untuk memeriahkan the 2nd anniversary blog Kaka Akin

Posting Komentar